KABUPATEN SIGI RAIH PENGHARGAAN INDEKS PERKEMBANGAN TRANSMIGRASI BERSTATUS MANDIRI TAHUN 2023

  • May 16, 2023
  • Administrator

Yogyakarta - Bertempat di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Wakil Bupati Sigi DR. Samuel Yansen Pongi, SE.,M.Si didampingi Kadis Nakertrans Kab. Sigi Febrianto Borman, S.STP., M.Si, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transmigrasi Tahun 2023. (16/05/2023)

Kegiatan Rakornas yang dilaksanakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia digelar setiap tahun dan dihadiri Menteri PDTT, Wakil Menteri ATR, BPN, Gubernur DIY, Rektor UGM, para Kepala Daerah, civitas Akademika serta seluruh peserta Rakornas.

Rakornas Transmigrasi Pada Tahun 2023 ini membahas soal esensi utama dari program transmigrasi dari sisi aspek spesial dan demografi. Pasalnya, pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi sama pentingnya dengan memperhatikan kondisi penduduk transmigrasi.

Menteri PDTT Abdul Halim Iskandar dalam sambutannya mengatakan kegiatan rakornas ini sepenuhnya didukung oleh pimpinan UGM selaku tuan rumah. Pihaknya juga melibatkan para pakar dari UGM untuk menyiapkan naskah akademik sebagai kerangka acuan kebijakan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang bidang ketransmigrasian. “Kita akan didukung oleh UGM dari naskah akademik, penyiapan kerangka kebijakan dan dukungan dari Rektor dan civitas akademika di UGM. Mudah-mudahan nanti ada semacam kerangka kebijakan dalam RPJM ke depan dan menggaungkan transmigrasi kembali".

Ia menambahkan, program transmigrasi tidak sekedar memindahkan penduduk, namun membawa misi untuk menyukseskan pembangunan di lokasi yang menjadi daerah transmigrasi. Sebab, ada stereotipe bagi mereka yang menjadi transmigran. Hal ini perlu diubah.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pemberian penghargaan Indeks Perkembangan Transmigrasi Berstatus Mandiri yang diberikan kepada 35 Kepala Daerah se-Indonesia.

 

Sumber: Prokopim, Diskominfo Kab. Sigi